usaha sampingan ibu rumah tangga1

Usaha Sampingan Ini Sangat Cocok untuk Anda Ibu Rumah Tangga Belum ada rating.

Pilihan Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga

Menjadi ibu rumah tangga bukanlah hal yang mudah. Mungkin bagi sebagian orang menjadi ibu rumah tangga adalah suatu hal yang sepele. Namun, pada kenyataannya menjadi ibu rumah tangga tidak semudah yang dibayangkan. Ada kerja keras di sana dan tak semua orang bisa menggantikan posisi serta peran yang diemban oleh seorang ibu rumah tangga.

Ibu rumah tangga bertugas mengurus keperluan rumah dan semua anggota keluarga. Bisa dikatakan bahwa pekerjaan ibu rumah tangga justru jauh lebih berat daripada profesi apapun yang ada di dunia ini. Ibu rumah tangga sibuk melakukan banyak pekerjaan dan bahkan seringkali tidak sempat melakukan sesuatu untuk dirinya sendiri.

Meskipun sibuk dengan urusan rumah, banyak ibu rumah tangga yang memilih melakukan usaha sampingan. Ini dilakukan agar ibu rumah tangga bisa mandiri dan tetap memaksimalkan waktu yang dimiliki untuk berbuat kebaikan yang mendatangkan manfaat. Lalu, jenis usaha sampingan seperti apa saja yang cocok dilakukan ibu rumah tangga?

Inilah dia pilihan usaha sampingan di rumah yang bisa dilakukan oleh para ibu rumah tangga :

1. Jual Frozen Food

Frozen food saat ini menjadi salah satu jenis makanan yang banyak difavoritkan oleh banyak orang terutama anak-anak. Ibu rumah tangga biasanya menyediakan stok frozen food di rumah agar memasak menjadi lebih mudah dan cepat.

Anda bisa melihat kondisi ini sebagai peluang usaha sampingan anda. Anda hanya butuh freezer di rumah untuk menyimpan frozen food. Kemudian, tinggal pasang tulisan di luar rumah untuk mempromosikan bahwa anda menjual frozen food dengan beragam pilihan.

2. Buka Toko Online

Toko online saat ini sangat populer di kalangan masyarakat. Belanja online sudah menjadi gaya hidup bagi masyarakat jaman sekarang. Hal ini bisa menjadi kesempatan bagi anda untuk membuka toko online dan meraup banyak keuntungan. Perlu diketahui juga bahwa membuka toko online juga banyak dijadikan peluang usaha sampingan karyawan yang aktif bekerja.

Ada banyak sekali jenis produk yang bisa anda jual secara online. Misalnya, anda bisa berjualan baju, jilbab, perlengkapan anak, dan masih banyak lagi. Anda hanya butuh gadget dan koneksi internet untuk memasarkan produk anda dan berkomunikasi dengan pelanggan yang ingin membeli produk dari anda.

3. Membuka Jasa Les

Buka jasa les privat di rumah ~ Mabok Duren

Tidak semua wanita yang berpendidikan tinggi memilih untuk bekerja di kantor yang bagus. Banyak juga wanita yang berpendidikan tinggi memilih untuk menjadi ibu rumah tangga. Agar tidak terasa sia-sia, anda bisa memanfaatkan ilmu yang anda miliki sebagai usaha sampingan dengan cara membuka layanan les.

Bukalah layanan les yang sesuai dengan ilmu yang anda kuasai. Misalnya, anda jago matematika maka bukalah les matematika. Jika anda punya bakat khusus seperti menari atau bermain piano, anda juga bisa membuka layanan les untuk belajar menari atau bahkan bermain piano.

4. Catering

Buka jasa catring makanan ~ Mabok Duren

Salah satu tugas ibu rumah tangga adalah memasak makanan untuk semua anggota keluarga. Agar lebih menguntungkan maka tugas ini bisa dikembangkan lagi sebagai usaha sampingan. Salah satu contohnya, anda bisa membuka layanan catering. Mulai saja dari catering kecil-kecilan dengan menerima pesanan dari tetangga sekitar.

Bisnis catering ini sangat mudah untuk dijalankan anda bisa mengerjakan pesanan di dapur rumah sendiri. Selain itu usaha sampingan ini juga bisa menjadi penyalur hobi bagi anda ibu rumah tangga yang memiliki hobi memasak sehingga secara tidak langsung ikut mengurangi stres karena kesibukan mengurus rumah.

5. Buka Laundry

Buka Jasa Laundry di lingkungan Anda ~ Mabok Duren

Membuka bisnis laundry juga bisa menjadi salah satu pilihan usaha sampingan untuk ibu rumah tangga. Saat ini banyak orang memilih untuk menggunakan bisnis laundry. Alih-alih anda ikut menggunakan bisnis laundry, anda bisa memanfaatkan peluang ini untuk berbisnis.

Buka saja laundry di rumah dengan memanfaatkan mesin cuci yang anda miliki. Mulailah dengan menerima pesanan laundry dari tetangga sekitar. Jangan lupa pasang tulisan di depan rumah yang menandakan bahwa anda membuka laundry.

6. Warung di Rumah

Berjualan di rumah juga bisa menjadi pilihan usaha sampingan yang aman sekaligus menguntungkan bagi ibu rumah tangga. Anda bisa menjual beragam kebutuhan rumah tangga seperti bumbu-bumbu dapur, deterjen, sabun mandi, dan lain sebagainya.

Membuka warung di rumah bisa menjadi pilihan usaha sampingan di desa bagi anda yang tinggal di pedesaan. Fasilitas warung sangat dibutuhkan oleh warga desa sehingga peluang anda untuk mendapatkan banyak pemasukan juga terbuka lebar.

Itulah tadi beberapa pilihan usaha sampingan yang bisa dilakukan oleh ibu rumah tangga. Pastikan anda memilih jenis usaha sampingan yang paling sesuai dengan selera dan hobi anda. Jika anda senang melakukannya maka anda tentu saja bisa lebih maksimal bekerja dan tidak akan mudah merasa lelah meskipun pekerjaan rumah juga menanti untuk diselesaikan.

Baca juga: 3 Daftar Bisnis Minuman yang Terbukti Sukses & Menguntungkan

Tips Berbisnis Sampingan untuk Ibu Rumah Tangga

Menjalankan usaha sampingan bukanlah hal yang mudah. Apalagi untuk ibu rumah tangga yang sangat sibuk dengan pekerjaan rumah. Tantangan menjalankan bisnis bagi ibu rumah tangga tentu saja tidak mudah dilalui. Tapi, jika anda bisa melalui semua kesulitan dengan baik, anda pasti bisa merasakan bahwa usaha sampingan mendatangkan begitu banyak keuntungan.

Agar anda bisa menjalankan usaha sampingan ibu rumah tangga dengan baik dan lancar, inilah dia beberapa tips berbisnis sampingan yang bisa anda lakukan :

1. Atur Waktu

Manajemen waktu menjadi faktor terpenting yang akan berpengaruh pada kesuksesan seorang ibu rumah tangga menjalankan usaha sampingan. Kalau anda tidak pandai mengatur waktu maka pekerjaan rumah akan terbengkalai dan bisnis juga tidak bisa berjalan sesuai dengan harapan.

Mengatur waktu bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Agar lebih mudah, anda bisa menuliskan jadwal pekerjaan yang harus dilakukan setiap hari. Misalnya, tuliskan kapan anda harus mengurus pekerjaan rumah dan kapan anda harus mengurus usaha sampingan yang sedang anda jalankan.

2. Tetap Utamakan Keluarga

Sebagai ibu rumah tangga, anda harus tetap mengutamakan keluarga meskipun anda memiliki usaha sampingan yang harus anda urus. Jika anda mengutamakan keluarga maka otomatis akan lebih mudah bagi anda untuk mengerjakan bisnis dengan baik karena ada dukungan penuh dari keluarga anda.

Karena namanya saja usaha sampingan maka usahakan untuk menyelesaikan pekerjaan rumah terlebih dahulu. Selesaikan kewajiban anda sebagai ibu rumah tangga baru kemudian anda bisa mengurus semua keperluan usaha anda.

3. Berikan Ruang Khusus

Jika anda ingin menjalankan usaha sampingan maka sangat disarankan bagi anda untuk memiliki ruang khusus agar anda bisa bekerja dengan maksimal. Misalnya, anda menjalankan usaha sampingan berupa toko online maka silakan buat ruangan khusus untuk anda bekerja. Kemudian siapkan pula ruang khusus untuk meletakkan semua barang dagangan anda.

Mengapa harus memiliki ruang khusus untuk mengurus usaha? Ini dilakukan agar anda bisa lebih fokus dan tidak mengganggu anggota keluarga yang lain. Selesaikan semua pekerjaan yang berurusan dengan bisnis di ruang khusus tersebut agar tidak mengganggu aktivitas anggota keluarga yang lain.

4. Siapkan Modal Khusus

Sebagai ibu rumah tangga, tugas anda tidak hanya mengatur rumah dan mengurus kebutuhan semua anggota keluarga. Anda juga harus mengatur keuangan agar kebutuhan rumah tangga bisa terpenuhi dengan baik. Jika anda ingin menjalankan usaha sampingan maka siapkan modal yang khusus untuk bisnis.

Jangan mengganggu kebutuhan rumah tangga untuk mengerjakan usaha sampingan. Silakan menabung sedikit demi sedikit sebagai modal awal untuk memulai usaha sampingan yang anda inginkan.

5. Minta Restu Suami

Sebagai seorang istri, restu suami sangatlah penting. Sebelum memulai sebuah usaha sampingan, silakan anda meminta restu terlebih dahulu dari suami anda. Katakan bisnis apa yang ingin anda jalankan dan rencana seperti apa yang sudah anda siapkan. Katakan pula apa yang menjadi tujuan anda dengan membuka usaha sampingan ini.

Tips yang satu ini sebenarnya harus dilakukan sebelum anda mantap untuk menjalankan usaha sampingan. Ini menjadi langkah pertama yang harus anda lakukan agar ke depannya anda bisa menjalankan bisnis dengan lancar.

6. Atur Keuangan Sebaik Mungkin

Jika bisnis sudah berjalan maka anda tentu sudah bisa mendapatkan pemasukan meskipun mungkin masih sedikit. Seberapapun penghasilan yang sudah didapat dari usaha sampingan anda, pastikan anda mengaturnya dengan sebaik mungkin. Pengaturan keuangan yang baik akan memberikan manfaat yang baik pula.

Pada saat anda baru memulai usaha sampingan, usahakan tidak memakai pendapatan anda untuk keperluan rumah tangga. Gunakan uang tersebut untuk mengembangkan usaha sampingan yang anda lakukan. Jika keuntungan yang anda dapat sudah semakin besar maka anda bisa ikut membantu suami untuk membiayai berbagai kebutuhan rumah tangga.

Itulah tadi beberapa tips menjalankan usaha sampingan bagi ibu rumah tangga. Yang paling penting adalah anda harus memiliki niat dan kemauan yang keras. Jika anda sudah memiliki niat maka anda pasti bisa mewujudkan mimpi anda untuk berbisnis dan mendapatkan penghasilan sembari tetap menjalankan kewajiban ibu rumah tangga dengan baik.

Baca juga: 7 Strategi dalam Membangun, Menjalankan dan Peluang Bisnis Franchise

Keuntungan Berbisnis bagi Ibu Rumah Tangga

Sebagai ibu rumah tangga, anda harus cerdas memutar otak untuk melakukan kegiatan yang bermanfaat bagi keluarga anda. Selain menyelesaikan pekerjaan rumah, menjalankan bisnis kecil-kecilan juga bisa menjadi salah satu kegiatan yang bisa dilakukan oleh ibu rumah tangga.

Ada banyak sekali pilihan usaha sampingan yang menguntungkan. Namun, bagi anda yang merasa masih ragu ataupun takut untuk memulai bisnis, inilah dia beberapa keuntungan usaha sampingan yang bisa didapatkan oleh ibu rumah tangga :

1. Penghilang Stress

Menjalankan bisnis membuat anda akan bisa istirahat sejenak dari kewajiban anda sebagai seorang ibu rumah tangga. Seperti kita tahu bahwa pekerjaan ibu rumah tangga begitu banyak dan berat. Jika tidak ada kegiatan lain yang bisa dilakukan maka seorang ibu rumah tangga sangat rentan terkena stress.

Untuk menghindari stress, anda bisa mencari kegiatan lain salah satunya adalah dengan menjalankan usaha sampingan. Lakukan usaha sampingan yang paling anda sukai dan memang menjadi keahlian anda. Dengan begitu anda bisa terbebas dari stress dan merasa semakin bahagia.

2. Tambahan Penghasilan

Ini adalah salah satu keuntungan yang sangat jelas akan didapatkan jika anda menjalankan usaha sampingan. Meksipun mungkin penghasilannya tidak begitu besar tapi paling tidak sangat lumayan untuk membantu memenuhi kebutuhan keluarga.

Sebagai ibu rumah tangga, tentu anda harus mau bergerak membantu suami mencari nafkah. Tapi ingat, kewajiban utama tetaplah mengurus keluarga dan rumah. Usaha sampingan yang bisa dilakukan di rumah akan menjadi pilihan yang tepat karena ibu rumah tangga bisa mendapat penghasilan tapi tetap menjaga dan mengurus rumah dengan baik.

3. Meningkatkan Keterampilan Bisnis

Menjalankan bisnis kecil-kecilan di rumah bisa menjadi ajang bagi ibu rumah tangga untuk belajar berbisnis. Lewat kegiatan ini anda bisa meningkatkan keterampilan anda dalam berbisnis. Hal ini sangat penting karena bagaimanapun juga terbuka besar peluang bagi anda untuk menjadi seorang pebisnis yang sukses dan bisa meraup banyak keuntungan.

4. Kegiatan di Waktu Luang

Meskipun ibu rumah tangga memiliki kegiatan yang padat dan selalu sibuk, tapi terkadang ada saat dimana seorang ibu rumah tangga mempunyai waktu luang. Misalnya, ketika semua pekerjaan rumah sudah selesai dan anak-anak sedang ke sekolah. Lalu apa yang bisa dilakukan oleh seorang ibu rumah tangga di waktu luang?

Waktu luang harus bisa dimanfaatkan dengan sebaik mungkin. Jika anda ingin memanfaatkan waktu luang dengan baik maka anda bisa menjalankan sebuah bisnis. Menjalankan usaha sampingan menjadi cara paling efektif untuk memanfaatkan waktu. Di sela-sela waktu luang anda bisa mendapatkan penghasilan yang lumayan.

5. Memperluas Relasi

Sebagai ibu rumah tangga bukan berarti anda tidak memerlukan teman. Justru anda harus pandai memanfaatkan kesempatan untuk berteman dengan banyak orang. Berbisnis kecil-kecilan di rumah bisa menjadi satu cara yang efektif agar anda bisa menambah teman dan memperluas relasi anda.

6. Meringankan Beban Suami

Suami adalah tulang punggung dalam sebuah keluarga. Suami memiliki tanggung jawab untuk mencari nafkah bagi keluarga. Namun, bukan berarti istri tidak berhak membantu suami untuk mencari nafkah. Justru sebaliknya, seorang istri yang baik harus bisa meringankan beban suaminya salah satunya dari segi finansial.

Dengan menjalankan bisnis kecil-kecilan maka anda bisa mendapatkan penghasilan sendiri. Penghasilan anda bisa digunakan untuk keperluan pribadi maupun rumah tangga. Walaupun kecil, paling tidak anda tidak perlu selalu merepotkan suami ketika anda membutuhkan sesuatu yang penting.

Itulah tadi beberapa keuntungan yang bisa didapatkan ketika seorang ibu rumah tangga menjalankan usaha sampingan. Tunggu apa lagi? Ada banyak sekali manfaat yang bisa anda rasakan dengan menjalankan usaha sampingan. Jadi, mulai sekarang coba pikirkan jenis bisnis apa yang paling cocok untuk anda lakukan dan sekiranya bisa membuat anda mendapatkan penghasilan yang lumayan besar.

Ingat Kewajiban Utama Ibu Rumah Tangga

Meskipun sangat disarankan bagi ibu rumah tangga untuk menjalankan usaha sampingan, namun anda tidak boleh menjadikan kondisi ini sebagai alasan untuk meninggalkan kewajiban utama anda. Ingatlah bahwa kewajiban ibu rumah tangga adalah mengurus rumah dan melayani semua kebutuhan anggota keluarga. Ini harus selalu anda ingat agar anda tidak melalaikan kewajiban utama anda.

Jika anda sudah mulai menjalankan usaha sampingan, pastikan kondisi rumah tidak terbengkalai. Selain itu, anda juga tetap harus menjadikan anggota keluarga sebagai prioritas terutama anak-anak. Jangan sampai karena terlalu asyik menjalankan bisnis anda jadi tidak punya waktu untuk memperhatikan anak-anak anda di rumah.

Memang tidak mudah bagi ibu rumah tangga untuk menjalankan usaha sampingan di sela kesibukan mengurus rumah. Namun, selama dilakukan dengan rasa senang maka semua kesulitan itu akan terasa mudah. Jadi, bagi anda yang ingin menjalankan usaha sampingan di sela kesibukan menjadi ibu rumah tangga, tetap semangat dan jangan pernah takut untuk mencoba!

INGIN PUNYA USAHA MINUMAN SENDIRI???

MARI BERGABUNG BERSAMA MABOK DUREN.

Customer Service Kami sedang menunggu Anda

Whatsapp

Telpon

Yuk berikan rating untuk kami

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.